Private Life : Sederhana tapi Memukau

US  
Kathryn Hahn dan Paul Giamatti berperan sebagai Rachel Biegler dan Richard Grimes dalam Private Life yang disutradari Tamara Jenkins dan dirilis pada 2018 lalu. Sumber : IMDB
Kathryn Hahn dan Paul Giamatti berperan sebagai Rachel Biegler dan Richard Grimes dalam Private Life yang disutradari Tamara Jenkins dan dirilis pada 2018 lalu. Sumber : IMDB

Sudah lama saya tidak menonton film yang benar-benar saya sukai. Film yang tidak bercerita tentang apa pun kecuali banyak hal. Agak membingungkan memang tapi mungkin lebih mudah bila diberi contoh, saya menyukai : Midnight in Paris, Annie Hall, Liberal Arts, The Magic of Belle Isle, atau The Truman Show.

Bagaimana? Sudah mulai terlihat gambarannya? Intinya film-film yang konfliknya tidak terlalu dramatis. Cerita berjalan begitu saya. Mengalir, apa adanya. Hingga ada satu hal yang membuatnya berubah, berbeda atau tidak ada perubahan sama sekali.

Private Life adalah jenis film dengan cerita yang seperti itu. Tamara Jenkins memang jenius. Saya berjanji pada diri saya sendiri akan mencari dan menonton film-filmnya yang lain.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Private Life bercerita tentang pasangan Rachel Biegler yang diperankan Kathryn Hahn dan Richard Grimes yang diperankan Paul Giamatti mencoba memiliki keturunan. Mereka menggunakan segala cara untuk mendapatkan anak mulai dari program kesuburan sampai adopsi.

Masalah muncul ketika keponakan tiri Grimes datang untuk tinggal sementara di apartemen mereka dan pasangan itu mendapatkan gagasan untuk meminta sang keponakan yakni Sadie mendonorkan telurnya. Ada berbagai rintangan yang dihadapi pasangan Grimes.

Mulai dari ibu Sadie yang tidak setuju sampai Sadie meminum obat kesuburan karena takut gagal dan mengecewakan pasangan Grimes. Film ini bercerita tentang petualangan pasangan itu mendapatkan keturunan.

Film itu hanya menceritakan itu saja. Tapi berbicara begitu banyak hal. Pasangan Grimes merupakan pasangan seniman, Rachel adalah seorang penulis sementara Richard mantan sutradara teater yang kini memiliki bisnis sendiri.

Obrolan mereka dibumbui dengan kutipan-kutipan, ide, dan cerita para penulis, filsuf atau dramawan. Dengan intelektualitas yang mereka miliki percakapan di film ini hidup dan penuh referensi. Satu dari beberapa faktor yang saya sukai dari sebuah film.

Film ini berbicara tentang kesabaran, ketakutan pada kegagalan, pada komitmen, kegigihan dan kecemasan. Film ini bercerita tentang pasangan seniman yang tinggal di pemukiman tua yang belum terkena gentrifikasi di New York yang terobsesi memiliki anak. Ceritanya sederhana tapi dikemas dengan sangat cantik.

Private Life mungkin film panjang Hahn terakhir sebelum Knives Out 2 yang sedang proses syuting. Dalam film ini mengingatkan kembali Hahn merupakan aktris serius sebelum namanya melejit dari serial televisi Marvel, Wanda Vision.

Hanh yang kerap tampil sebagai peran pendukung di film dan seri komedi sebenarnya banyak menggarap proyek serius. Ia memang dikenal dari peran pendukungnya di Parks and Recreation, Step Brothers, We're the Millers, Bad Moms, atau A Bad Moms Christmas.

Tapi ia berperan sebagai tokoh utama di proyek-proyek serius seperti serial I Love Dick, Mrs. Fletcher dan I Know This Much Is True. Sementara Paul Giamatti merupakan salah satu aktor paling produktif di Hollywood.

Saya merasakan nuansa Woody Allen di Private Life. Sederhana tapi memukau.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image