Sonic the Hedgehog : Buddy Movie yang Tidak Diperlukan

US  

Saya tumbuh di era tahun 1990-an ketika tema buddy movie sedang berjaya di Hollywood. Definisi buddy movie atau film dari Encyclopedia of film themes, settings and series adalah film yang tokoh utamanya dua individu yang berjenis kelamin sama tapi dengan kepribadian yang berbeda melalui petualangan yang mengharuskan mereka bekerja sama.

Gampangnya contoh buddy movie 1980-an sampai 1990-an : 48 HRS (1982); Renegades (1986); Lethal Weapon (1987); The Hidden (1987); Collision Course (1987); The Wild Pair (1987); Red Heat (1988); Midnight Run (1988); Tango & Cash (1989); The Rookie (1990); Another 48 HRS (1990); Pure Luck (¡99¡); The Last Boy Scout (1991); National Lampoon’s Loaded Weapon 1 (1993); Money Train (1995); Bad Boys (1995); Bulletproof (1996); The Glimmer Man (1996); Gridlock’d (1997); Rush Hour (1998); Chill Factor (1999).

Saya menonton film-film ini laser disc atau vcd. Tentu disewa karena waktu itu kaset vcd belum banyak bajakannya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Buddy movie terakhir yang saya tonton adalah Sonic the Hedgehog. Saat melihat trailernya saya kira ini film gabungan animasi-live action biasa. Saya terkejut ketika menontonnya. Karena tidak mengira Hollywood masih memproduksi buddy movie.

Richard B. Armstrong dan Mary Willems Armstrong di Encyclopedia of Film menjelaskan awalnya tokoh utama film buddy movie tidak selalu sama jenis kelaminnya. Tapi biasanya bila tokoh utamanya perempuan dan laki-lak mereka akan jatuh cinta dan filmnya menjadi petualangan romantis.

"For example, The 39 Steps (1935) is a romantic adventure because the relationship between fugitives Robert Donat and Madeleine Carroll eventually blossoms into romance."

Buddy movie favorit saya adalah Rush Hour series yang dibintangi Jackie Chan dan Chris Tucker dan The Heat yang diperankan Sandra Bullock dan Melissa McCarthy. Sebagian besar film komedi McCarthy merupakan buddy movie. Seperti Identity Thief, Tammy, Spy, Life of the Party, Super Intelligence dan Thunder Force.

McCarthy merupakan aktor komedi jenius yang dapat menciptakan chemistry dengan siapa saja. Ia hampir selalu berhasil menghindari jebakan tema atau sub-genre buddy movie yang bila diproduksi dengan tidak hati-hati hasilnya akan norak, garing dan membosankan.

Film buddy movie yang tampak sederhana bisa sangat mahal ongkos produksinya. Bila diramu dengan asal-asalan buddy movie bisa menjadi film budget rendah atau yang dikenal b movie. Yang lebih buruk bila ongkos produksi mahal tapi justru terlihat b movie.

Saya kira Hollywood sudah berhenti memproduksi buddy movie seperti Sonic the Hedgehoog. Karena buddy movie yang sukses dua tiga tahun terakhir merupakan buddy movie yang ditunjukan ke festival-festival film seperti Booskmart dari Olivia Wilde atau Unpregnant dari Rachel Lee Goldenberg.

Dalam refleksi awal saya (karena mungkin saya akan berubah pikiran) saya kiran film ini sebuah kemunduran. Karena Kevin Hart yang biasanya membintangi buddy movie seperti Ride Along dengan Ice Cube, Get Hard dengan Will Ferrel, Jumanji dan Central Inteligence dengan Dwayne Johnson kini beralih ke drama-gelap satir True Story.

Lagi pula tahun lalu Hollywood merilis An American Pickle yang menurut saya salah satu buddy movie terbaik sepanjang masa. Ketika Seth Roger berteman dengan dirinya sendiri.

Tapi kemudian Hollywood merilis Sonic the Hedgehoog yang dibintangi Jim Carrey. Jenius dibalik The Truman Show, Man on the Moon dan Eternal Sunshine of Eternal Sunshine of the Spotless Mind.

Saya tidak bisa mengatakan Sonic sangat buruk. Tapi bagi saya lebih pantas dirilis di awal tahun 2000-an dibanding 2020. Saya menontonnya karena sekuelnya masuk pemberitaan setelah penayangan perdananya di Rusia ditunda.

Atas dasar berita itu saya menonton yang pertama. Saya heran kenapa Hollywood masih memproduksi film seperti ini dan membuat sekuelnya?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image