Dari Thailand hingga Wilayah Mekong, Netflix dan Purin Pictures Memperluas Jangkauan Pelatihan Film

US  
Netflix. 
Netflix.

Dua tahun berturut-turut Netflix menjadi sponsor utama Pelatihan Film Pendek yang digelar Purin Pictures. Dimentori sineas profesional 24 peserta akan mengasah keterampilan penulisan naskah, produksi, dan penyutradaraan mereka dalam program ganda untuk produser dan sutradara.

Lokakarya intensif ini akan diakhiri dengan presentasi langsung proyek film pendek mereka dan empat pemenang akan menerima dana dan dukungan pascaproduksi untuk pembuatan film pendek mereka. Lokakarya ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada pembuat film dari negara-negara yang kurang berkembang di kawasan Asia Pasifik.

“Kami sangat senang dapat mempertemukan beberapa sutradara dan produser muda paling menjanjikan di kawasan ini untuk mengikuti kamp film pendek ini, tempat mereka bisa belajar dari para profesional dan mengembangkan keterampilan mereka lebih lanjut,” kata Aditya Assarat, salah satu pendiri Purin Pictures.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Banyak di antara mereka akan menjadi orang-orang berpengaruh dalam industri film, dan lokakarya ini diharapkan menjadi langkah lain menuju pemerataan peluang bagi para calon pembuat film dan meningkatkan standar penceritaan di wilayah kami.”

Dari 12 pasangan sutradara dan produser, lima tim berasal dari Thailand, empat dari Myanmar, dua dari Kamboja, dan satu dari Laos. Film-film mereka mencakup berbagai topik, termasuk drama keluarga, LGBTQ, represi politik, dan dekonstruksi identitas.

“Kurangnya akses ke pendanaan dan pementoran adalah sesuatu yang kami harap dapat diatasi melalui lokakarya seperti ini, yang bertujuan untuk mendukung para pembuat film yang mungkin tidak mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan penceritaan mereka,” kata Amy Sawitta Lefevre, Head of External Affairs (Asia Pasifik) di Netflix.

“Mendukung kreator lokal membangun peluang bagi pembuat film yang kurang terwakili di Asia Tenggara dan wilayah sekitarnya agar mereka bisa menceritakan kisah yang mungkin belum bisa mereka ceritakan.”

Tiga tim pemenang dari lokakarya tahun lalu menerima dana untuk membuat film-film berikut:

My Bee’s Knees, disutradarai oleh Tinshine Mont, diproduseri oleh Christine Flemming

Blazed Away, disutradarai oleh Supamart Boonnil, diproduseri oleh Ratthathammanoon Supapootorn

Dear You, disutradarai oleh Muendaw Kamontum, diproduseri oleh Kataporn Sae-ieb

Kamp Film Pendek tahun ini akan berlangsung dari 2-12 Desember di Thailand Creative and Design Center (TCDC) di Bangkok, Thailand.

Berita Terkait

Image

Archive 81 episode 2

Image

Archive 81 episode 1

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image