Netflix Rilis Serial Thai Cave Rescue yang Diambil Dari Kisah Nyata

US  
Poster Thai Cave Rescue. Sumber: Netflix. 
Poster Thai Cave Rescue. Sumber: Netflix.

Pada tahun 2018, 12 anak-anak lelaki dari satu tim sepak bola memutuskan menghabiskan sore bersama pelatih mereka menjelajahi gua-gua di Tham Luang di wilayah utara Thailand. Ketika hujan lebat menimbulkan banjir di dalam gua dan menjebak mereka di dalamnya, perjalanan yang seharusnya seru berubah menjadi operasi penyelamatan internasional yang memukau dunia.

Kini cerita luar biasa ini akan dikisahkan dalam Thai Cave Rescue lewat perspektif para anak lelaki yang belum pernah diceritakan sebelumnya dan menjadi target penyelamatan. Netflix bermitra dengan pembuat film dari Thailand dan seluruh dunia untuk serial ini, yang akan ditayangkan perdana bagi penonton di seluruh dunia tanggal 22 September 2022.

Direkam seluruhnya di Thailand, acara ini menampilkan pandangan eksklusif dari para anggota belia tim sepak bola Wild Boars dan pengalaman mereka di batas ketahanan manusia, serta pengalaman keluarga mereka dan tim global besar yang bersatu guna menyelamatkan mereka.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dibuat oleh Michael Russell Gunn (Billions, Designated Survivor) dan Dana Ledoux Miller (Designated Survivor, Narcos), serial terbatas enam episode ini disutradarai oleh Baz Poonpiriya (One for the Road, Bad Genius) dan Kevin Tancharoen (The Brothers Sun, The Book of Boba Fett, Warrior) serta menghadirkan penceritaan ulang dramatis mengenai penyelamatan mengagumkan yang mencekam dunia tahun 2018.

Kedua sutradara ini juga bertindak selaku produser eksekutif bersama Jon M. Chu (In the Heights, Crazy Rich Asians, G.I. Joe: Retaliation) untuk Electric Somewhere; John Penotti (Crazy Rich Asians) untuk SK Global Entertainment; John Logan Pierson (Spenser Confidential, Patriots Day, Dare Me); Lance Johnson (Troop Zero, The Equalizer); dan Tim Coddington (Mulan, Crazy Rich Asians, Marco Polo).

Thai Cave Rescue dimeriahkan oleh banyak pemeran Thailand, dengan para pemeran utama Papangkorn “Beam” Lerkchaleampote sebagai Pelatih Eak, Thaneth "Ek" Warakulnukroh sebagai gubernur Chiang Rai, Narongsak Osottanakorn, dan Urassaya "Yaya" Sperbund serta Manatsanun "Donut" Phanlerdwongsakul sebagai Kelly dan Pim—tokoh rekaan yang menjadi perwakilan insinyur hidrolik di dunia nyata dan para polisi hutan yang memungkinkan terlaksananya penyelamatan luar biasa ini. Supakorn "Tok" Kitsuwan juga turut berperan sebagai mantan penyelam Navy SEAL, Saman “Ja Sam” Gunan, sedangkan Bloom Varin memerankan dokter tentara, Kolonel Bhak Loharjun.

Sutradara sekaligus produser eksekutif, Baz Poonpiriya, berkata, “Thai Cave Rescue adalah peluang pertama bagi penonton di seluruh dunia untuk menyaksikan cerita Tham Luang dari sudut pandang baru dan lebih emosional—berpusat pada perspektif 12 anggota Wild Boars, Pelatih Eak, dan para pahlawan seperti Saman “Ja Sam” Gunan, yang hidupnya di luar penyelamatan ini tidak menjadi sorotan publik. Saya sangat bangga mendapat kesempatan ini untuk menceritakan kisah di balik wajah-wajah dan nama-nama yang telah kita kenal dengan baik selama operasi penyelamatan yang terkenal di seluruh dunia ini.”

Kevin Tancharoen, yang juga bertindak sebagai sutradara dan produser eksekutif, berkata, "Sebagai warga berdarah Thailand Amerika, saya merasa sangat beruntung bisa membantu menceritakan kisah ini lewat sudut pandang dan jiwa masyarakat Thailand. Saya ingin membawa pengalaman saya menceritakan kisah-kisah besar pahlawan super ini ke seluruh dunia. Satu kisah yang para pahlawan supernya di dunia nyata bekerja sama untuk satu tujuan yang sama tanpa memandang asal mereka, dan satu-satunya kekuatan super adalah kegigihan semangat manusia dan apa yang dapat kami capai jika bekerja bersama."

Showrunner, penulis, dan produser eksekutif Michael Russell Gunn menambahkan, “Bagi kami, Thai Cave Rescue merupakan kisah tentang keluarga dan apa itu keluarga menurut kami. Dari orang tua para anak lelaki dan wali mereka hingga ribuan penyelamat lokal dan internasional ikut dalam misi ini, ini adalah seluruh dunia yang bersatu sebagai satu keluarga besar. Kami ingin acara ini tidak hanya mencakup operasi penyelamatan, tetapi juga apa yang dialami oleh anggota tim Wild Boars di dalam gua, dan kami yakin pada fokus kami untuk mencapai keautentikan–dari karakter dan bahasa hingga lokasi dan emosi–akan jelas terpancar dan memberi dampak pada penonton di seluruh dunia lewat Netflix.”

“Kami mulai menulis acara ini di awal masa isolasi menyeluruh COVID-19 di Amerika. Ini menjadi sumber kenyamanan tak terduga untuk menceritakan kisah yang sungguh menjadi pengingat menyentuh bahwa meskipun kita sering dikotak-kotakkan berdasarkan perbedaan–dalam hal bahasa, keyakinan, atau status sosioekonomi–harapan dan ketahanan semangat manusia bersifat universal. Ketika semua sampai di titik itu, nasib kita semua berada di tangan alam," ujar Dana Ledoux Miller, showrunner bersama, penulis bersama, sekaligus produser eksekutif.

Hal yang lebih jauh menyoroti fokus pada keautentikan adalah para pemeran 12 Wild Boars, yang dimainkan oleh anak-anak lelaki setempat, Pratya "Tiger" Patong, Songpol "Pangpon" Kantawong, Chakkapat "Junior" Sisat, Thanawut "Bank" Chetuku, Teeraphat "Gun"' Somkaew, Thanaphong "Pluem" Kanthawong, Thanapat "Utha" Phungpumkaew, Aphisit "Fluke" Yookham, Watcharaphol "Kim" Puangsawan, Thapanot "Nam-Ning" Huttapasu, Apisit "Chit" Saengchan, and Rattaphoom "Fluke" Nakeesathid. Pengambilan gambar dilakukan di rumah asli anak-anak tersebut dan di Tham Luang.

Sedangkan untuk misi sebenarnya, Thai Cave Rescue mengumpulkan sederet aktor internasional untuk memerankan tokoh-tokoh utama dalam penyelamatan ini, termasuk Nicholas Bell sebagai Vern Unsworth, Nicholas Farnell sebagai John Volanthen, Christopher Stollery sebagai Rick Stanton, Rodger Corser sebagai Dr. Richard “Harry” Harris, dan Damon Herriman sebagai Dr. Craig Challen.

Rasakan penceritaan ulang yang paling autentik dan lengkap mengenai kisah Wild Boars dalam serial terbatas Thai Cave Rescue, hadir di Netflix tanggal 22 September.

Berita Terkait

Image

Archive 81 episode 2

Image

Archive 81 episode 1

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image