Catfight : Sisipus yang Dibaca Ulang Dengan Penuh Kemarahan

US  
Anna Heche dan Sandra Oh dalam salah satu adegan Catfight (2016). Sumber : The Guardian
Anna Heche dan Sandra Oh dalam salah satu adegan Catfight (2016). Sumber : The Guardian

Catfight mengingatkan saya dengan Albert Camus. Jika lihat sekilas hubungan antara film komedi-gelap Amerika dengan filsuf Prancis-Aljazir itu memang sangat samar. Tapi Catfight yang dibintangi Sandra Oh dan Anne Heche mengingatkan saya pada The Rebel.

The Rebel adalah buku filsafat yang ditulis filsuf pertama yang saya baca. Sebelumnya saya hanya membaca buku-buku pengantar atau buku sekunder. The Rebel buku primer filsafat saya. Membuat saya sangat skeptis pada hidup itu sendiri.

Satu hal yang mengingatkan saya Catfight dengan The Rebel adalah mitos Sisifus. Saya lupa apakah Sisifus dewa atau manusia. Yang saya ingat dewa menghukumnya untuk terus mendorong batu ke atas bukti. Batu itu akan jatuh lagi ke bawah. Ia dihukum untuk terus mendorong batu itu selamanya sampai akhir dunia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Plot Catfight yang ditulis dan sutradarai Onur Tukel kurang lebih seperti itu. Karena kemarahan Veronica Salt yang diperankan Sandra Oh dan Ashley Miller yang diperankan Anne Heche memiliki kemarahan terpendam masing-masing. Atas kemarahan itu mereka seperti dikutuk untuk berkelahi tanpa henti.

Kemalangan Veronica dan Ashley selalu terkait satu sama lain, keduanya saling menyebabkan kesengsaraan hidup satu sama lain. Mereka kehilangan segalanya karena satu sama lain dan saling menyalahkan satu sama lain.

Veronica seorang ibu dan istri rumah tangga. Ia memiliki seorang putra yang senang melukis dan suami yang akan mendapatkan proyek besar dari perang Amerika di Timur Tengah. Suaminya, Stanley tidak suka dengan kebiasaan minumnya.

Sementara Ashley seorang pelukis yang tidak juga berhasil menghasilkan. Ia tinggal dengan pasangannya Lisa yang memintanya membantu bekerja. Ashley awalnya menolak membantu tapi akhirnya ia bersedia. Ia menjadi pelayan di sebuah pesta.

Ternyata pesta itu merupakan pesta ulang tahun Carl, rekan bisnis Stanley. Veronica bertemu Ashley di pesta tersebut. Veronica menghina kerja keseniaan Ashley sementara Ashley sambil bercanda menuduh Stanley homoseksual.

Di pesta itu Veronica lagi-lagi minum hingga mabuk. Stanley marah dan memintanya pulang. Veronica pun hendak pulang tapi tidak bisa menggunkan lift. Ia akhirnya menggunakan tangga. Tapi Ashley sedang bersandar di pintu tangga dan terdorong. Mereka pun bertengkar. Hingga Veronica memukul wajah Ashley.

Ashley membalas pukulan tersebut, mereka pun berkelahi habis-habisan. Veronica kalah dan Ashley pergi. Veronica hendak berjalan pulang tapi ia jatuh dari tangan. Kemudian koma selama dua bulan.

Selama koma suaminya bunuh diri dan putranya Kip juga tewas di medan perang. Veronica tidak memiliki apa-apa karena semua hartanya habis untuk biaya pengobatan. Dari kejadiaan itu mitos Sisipus dimulai. Veronica dan Ashley akan mengakibatkan kemalangan satu sama lain dan berkelahi hingga entah sampai kapan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image